Berbagai Sertifikasi untuk Profesi Akuntan Publik

Sertifikat menbentuk diferensiasi (pembedaan) dengan profesi lain, memaksa masyarakat menghormati profesi tersebut. Sertifikasi profesi seringkali menjadi prasyarat memperoleh izin praktik profesi. Sebagai misal, ikatan profesi seperti IAPI melakukan pengendalian praktik melalui sertifikasi dan izin praktik, pelanggaran kode etik profesi dan hukum menyebabkan izin praktik dicabut. Pengawasan dan penerimaan pengaduan masyarakat terhadap perilaku menyimpang anggota ikatan profesi dapat diproses sesuai AD-ART, Kode Etik dan Pedoman Profesi. Anggota profesi wajib mengikuti norma-norma tersebut karena takut izin praktik dicabut, berarti ia tak dapat mempunyai mata pencaharian sebagai akuntan eksternal professional.

Selengkapnya tulisan Dr. Jan Hoesada, Ak., M.M., CPA., Anggota KPAP Mewakili unsur Komite Standar Akuntansi Pemerintahan dapat diunduh pada tautan berikut ini:

Unduh versi PDF Berbagai Sertifikasi untuk Profesi Akuntan Publik

Bagikan Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Istilah Pertimbangan dalam Khasanah Hukum RI

Menurut Webster, istilah “Consideration“ mencakupi perhitungan (account), penasihatan (advisement), perdebatan, studi (telaah, mempelajari), diskusi dan pemikiran panjang dan dalam (deeliberation), refleksi (reflection) dan mawasdiri (introspection)

Read More »

Langganan Informasi dan Berita

  • Daftarkan email Anda untuk menerima informasi dan berita terbaru dari laman KPAP. Tekan enter atau klik tombol di bawah untuk menyimpan.

Sekretariat KPAP