Manajemen Strategis Kantor Akuntan Publik

Sistem manajemen strategis sebuah KAP berbasis pengetahuan akan kekuatan/kelemahan KAP, pilihan jasa utama dan penetapan sasaran strategis KAP berbasis konsensus antar rekan KAP yang terkonversi menjadi program kerja tahunan. Walau pada kondisi lingkungan amat turbulen dan berisiko kurva-terputus (discontinued path), pengalaman tetap saja berguna, visi jangka panjang dan perencanaan jangka-panjang nan-luwes (flexible long term planning) juga berguna sebagai kompas dilautan luas, akan memacu daya juang para partner. Seorang partner hengkang dari KAP terbesar dunia ditanya wartawan, mengapa hengkang, menjawab “I can’t stay at a ship that going nowhere”. Sistem manajemen beradaptsi dengan perubahan lingkungan, antara lain perubahan teknologi, perubahan jenis investasi strategis bagi KAP, lingkungan eksternal KAP antara lain hukum positif pasar modal, perubahan UU PT dan UU Pajak, perubahan trend konsumen misalnya para pengusaha milenial membutuhkan layanan bercampur pelatihan tax management dan sistem akuntansi bagi bisnisnya.

Selengkapnya tulisan Dr. Jan Hoesada, Ak., M.M., CPA., Anggota KPAP Mewakili unsur Komite Standar Akuntansi Pemerintahan dapat diunduh pada tautan berikut ini:

klik di sini untuk mengunduh

Bagikan Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Istilah Pertimbangan dalam Khasanah Hukum RI

Menurut Webster, istilah “Consideration“ mencakupi perhitungan (account), penasihatan (advisement), perdebatan, studi (telaah, mempelajari), diskusi dan pemikiran panjang dan dalam (deeliberation), refleksi (reflection) dan mawasdiri (introspection)

Read More »

Langganan Informasi dan Berita

  • Daftarkan email Anda untuk menerima informasi dan berita terbaru dari laman KPAP. Tekan enter atau klik tombol di bawah untuk menyimpan.

Sekretariat KPAP