Pertimbangan KPAP terkait Panduan Indikator Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik

Sebagai salah satu tindaklanjut dari penyusunan kajian KPAP terkait “Tata Kelola Profesi Akuntan Publik dalam rangka Meningkatkan Kualitas Audit”, IAPI menindaklanjutinya dengan penyusunan Panduan Indikator Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik. Setelah melakukan pembahasan terhadap Exposure Draft Panduan IKA yang disusun oleh IAPI tersebut, melalui surat Ketua KPAP Nomor S-010/KPAP/2016 tanggal 29 Desember 2016, KPAP berpendapat bahwa terdapat beberapa hal yang masih perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum panduan ini ditetapkan dan diberlakukan, antara lain:

  • Belum adanya arah atau tujuan akhir (goal) yang jelas serta langkah-langkah penerapan/implementasi atas Panduan IKA
  • Cakupan, mekanisme dan model pengukuran atas IKA
  • Mekanisme pemantauan dan pengawasan terhadap output Panduan IKA

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, KPAP memberi pertimbangan kepada IAPI terkait penyusunan Panduan IKA, yaitu:

  1. IAPI bersama-sama PPPK agar menyusun cetak biru (blueprint) dan peta jalan (roadmap) yang jelas mengenai IKA dalam rangka peningkatan kualitas audit untuk diterapkan di Indonesia. Penyusunan blueprint dan roadmap tersebut seyogyanya fokus kepada tujuan akhir (goal). Dalam melakukan penyusunan blueprint dan roadmap tersebut dapat mempertimbangkan blueprint dan roadmap yang disusun di berbagai negara seperti Malaysia, Inggris dan Singapura.
  2. Menunda pemberlakuan Panduan IKA dan mengkaji mengenai cakupan, mekanisme dan model pengukuran atas IKA sesuai dengan blueprint dan roadmap serta mempersiapkan infrastruktur untuk penerapan IKA.

Atas pertimbangan/rekomendasi tersebut, selanjutnya IAPI mengakomodir substansi usulan tersebut yang kemudian ditetapkan dalam Keputusan Dewan Pengurus IAPI Nomor 4 Tahun 2018 tentang Panduan Indikator Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik.

Bagikan Artikel ini

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Sekretariat KPAP

Langganan Informasi dan Berita

  • Daftarkan email Anda untuk menerima informasi dan berita terbaru dari laman KPAP. Tekan enter atau klik tombol di bawah untuk menyimpan.

© 2020 - Komite Profesi Akuntan Publik